Bismillah..
Hari ini masih lanjutan kegiatan kemarin yaitu Mengenal Huruf Hijaiyah. Konsepnya masih sama yaitu mengenalkan huruf hijaiyah dengan cara bermain tembak2an bola.
Mau cerita lebih detail tentang teknisnya.. Jadi c anak melempar bola pada guling yg diatasnya terdapat sand paper hijaiyah. Dia menembak sesuai dengan huruf hijaiyah yg saya tentukan. Menembak tepat sasaran sehingga sand paper hijaiyah tersebut jatuh dr atas guling. Jika belum jatuh kan otomatis dia akan melihat terus target sambil menyebutkan huruf hijaiyah tersebut. Disini tujuan pembelajaran akan masuk. Jadi dia bisa hafal huruf hijaiyah tersebut. Nah kalau misalkan dia salah tembak, ada sanksinya yaitu jumping sebanyak 5x sambil menyebutkan huruf hijaiyah yg dia salah tembak. Heheheh.. Kebayang gak ya?? Dengan konsep ini akan sungguuhh sangat tertariikk memainkannya. Senangg doonk dia kan senang banget main lempar2an bola.. Hehe.. Mamak juga senang bisa mensisipi pelajaran yg bisa dia tangkap dengan mudahnya..
Sedikit gambaran tentang cara bermainnya seperti gambar dan video diatas..
Setelah bermain tembak2an terus ngapain lagi?? Nah selanjutnya, menghitung junlah sand paper hijaiyah yg berhasil ditembak dari guling sisi kiri, kanan dan tengah. Saya minta dia hitung dan menyebutkan mana yang lebih banyak dan lebih sedikit. Jadi belajar matematika juga kan ya? Seruuu... 😆😆
Setelah dihitung kemudian saya evaluasi sambil duduk istirahat karna main tembak2an nya ternyata lumayan lama juga hehe.. Lumayan dia berkeringat. Amaziingg nyaa, yang tadinya dia kalau belajar pakai iqro baru hafal sampai huruf dzal.. Ini dalam semalam dia main sisa 6 huruf yang dia belum hafal..
Hari ini masih lanjutan kegiatan kemarin yaitu Mengenal Huruf Hijaiyah. Konsepnya masih sama yaitu mengenalkan huruf hijaiyah dengan cara bermain tembak2an bola.
Mau cerita lebih detail tentang teknisnya.. Jadi c anak melempar bola pada guling yg diatasnya terdapat sand paper hijaiyah. Dia menembak sesuai dengan huruf hijaiyah yg saya tentukan. Menembak tepat sasaran sehingga sand paper hijaiyah tersebut jatuh dr atas guling. Jika belum jatuh kan otomatis dia akan melihat terus target sambil menyebutkan huruf hijaiyah tersebut. Disini tujuan pembelajaran akan masuk. Jadi dia bisa hafal huruf hijaiyah tersebut. Nah kalau misalkan dia salah tembak, ada sanksinya yaitu jumping sebanyak 5x sambil menyebutkan huruf hijaiyah yg dia salah tembak. Heheheh.. Kebayang gak ya?? Dengan konsep ini akan sungguuhh sangat tertariikk memainkannya. Senangg doonk dia kan senang banget main lempar2an bola.. Hehe.. Mamak juga senang bisa mensisipi pelajaran yg bisa dia tangkap dengan mudahnya..
Sedikit gambaran tentang cara bermainnya seperti gambar dan video diatas..
Setelah bermain tembak2an terus ngapain lagi?? Nah selanjutnya, menghitung junlah sand paper hijaiyah yg berhasil ditembak dari guling sisi kiri, kanan dan tengah. Saya minta dia hitung dan menyebutkan mana yang lebih banyak dan lebih sedikit. Jadi belajar matematika juga kan ya? Seruuu... 😆😆
Setelah dihitung kemudian saya evaluasi sambil duduk istirahat karna main tembak2an nya ternyata lumayan lama juga hehe.. Lumayan dia berkeringat. Amaziingg nyaa, yang tadinya dia kalau belajar pakai iqro baru hafal sampai huruf dzal.. Ini dalam semalam dia main sisa 6 huruf yang dia belum hafal..
Huruf2 diatas itu yang belum dia hafal kemarin malam.. Alhamdulillah.. Kemajuan yang pesat kalau dijalankan dengan cara yang menyenangkan..
Tadi pagi anaknya minta main lagi tembak2an ya saya ladenin laahh.. Sebelumnya tapi kita evaluasi bareng, ternyata jumlah huruf yang blm dia hafal malah nambah jadi 7.. Eh dia merasa tertantang donk. Pengen lebih sedikit huruf yang dia gak hafalnya.
.
Setelah main, evaluasi lagi.. Berhasil sisa 3 huruf yang belum dia hafal. Alhamdulillah.. Main gini ini gak cukup sekali dua kali.. Ya terus2an aja sampai dia mau baca iqro dengan senang hati. Kan jadi bisa lanjut mengaji ke iqro selanjutnya.. Aamiin
Dari pengamatan saya tentang gaya belajar anak dengan kegiatan diatas, yaitu:
Visual: Jelas anaknya harus melihat target yang akan ditembak
Auditori: Anak akan mengulang ucapan huruf hijaiyah yang saya ucapkan saat dia akan menembak atau saat dia kena sanksi jumping sambil menyebut huruf.. Hehehe
Kinestetik: Sudah sangat jelas yaa, dominan di kinestetik karna kegiatan utamanya bagi dia adalah menembak target haha
Kesimpulan: Dari kegiatan diatas semua gaya brlajar anak ada disitu.. V✔️A✔️K ✔️
Komentar
Posting Komentar